tipis

Tuesday, July 9, 2019

PERKARA-PERKARA PENTING SEPUTAR MANDI YG PERLU DIKETAHUI

Hal-hal berikut ini adalah perkara-perkara dan masalah-masalah yg penting diketahui oleh kita semua diseputar mandi kita khususnya mandi wajib.

Langsung saja kita bahas apa-apa saja yg dianggap penting itu:

- disunnahkan bagi orang yg mandi dalam keadaan tanpa busana selembarpun alias telanjang bulat untuk membaca:
بسم الله الذي لا اله الا هو [ bismillaahil ladzii laailaaha illa huwa ]
(Dengan nama Allah yg tidak ada Tuhan selain diriNya)
karena doa diatas berguna untuk menutup pandangan jin.
Bahkan disebutkan oleh para ulama salaf jika seseorang mandi di tempat terbuka dan tidak mendapatkan sesuatu yg dapat menutupi dirinya agar membuat lingkaran kemudian membaca bismillah dan mandi didalam area lingkaran itu.

- seyogyanya seseorang tidak mandi ditengah hari bolong juga tidak mandi diawal malam dan jika ia mandi dengan berendam hendaknya menggunakan sarung atau semacamnya dan tidak melepasnya kecuali ketika auratnya telah tertutup air dan tetap dalam keadaan menggunakan sarungnya atau semacamnya tanpa melepasnya itu lebih baik lagi tentunya.

- disunnahkan untuk orang yg memiliki hadats junub atau seorang wanita yg telah bersih dari haid atau nifas tapi belum mandi wajib, disunnahkan mencuci kelaminnya dan berwudhu ketika akan tidur atau makan atau minum, bagitu pula jika seorang yg mempunyai hadats junub melakukan itu jika ingin bercampur yg kedua kalinya dst.

wudhu diatas sama hukumnya dengan wudhu mujadddad atau tajdidul wudhu maka niat yg dilakukan ketika berwudhu adalah sebagai berikut:

نويت سنة وضوء الاكل لله تعالي [ nawaitu sunnata wudhuil akli lillahi ta'ala ]
"sajakku niat sunnah wudhu untuk makan karena Allah"

jika untuk tidur tinggal diganti kata "makan" dengan kata "tidur" dan seterusnya.

disebutkan didalam kitab hasyiyah Qolyubi bahwa wudhu yg satu ini tidak batal dg hal-hal yg membatalkan wudhu seperti buang angin dll, tapi yg membatalkannya adalah bersetubuh setelahnya.

dari itu para ulama fiqih membuat suatu teka teki fiqih yg disebut dengan istilah Lughoz, teka-teki itu adalah:
"ada wudhu yg tidak batal dg hal-hal yg membatalkan wudhu, wudhu apakah itu?"
jawabannya adalah wudhu yg tersebut diatas.

jika mereka yg disebutkan diatas -yaitu orang yg memiliki hadats junub atau wanita yg baru saja suci dari haidh atau nifas dan belum mandi wajib- tidak mendapatkan air untuk berwudhu maka mrk boleh bertayammum dan jika tidak demikian paling tidak ia telah mendapatkan pahala sunnahnya dengan mencuci kelaminnya.

jika hal-hal diatas tidak dilakukan oleh mereka maka MAKRUH hukumnya mereka tidur, makan dan minum.

- disunnahkan bagi mereka yg disebutkan diatas untuk tidak membersihkan sesuatupun dari badannya walaupun itu darah atau rambut atau kuku sebelum melakukan mandi wajibnya karena semua bagian tubuhnya akan kembali kepadanya di akhirat.

rambutnya dan kukunya akan kembali kepadanya secara terpisah di akhirat dan jika dibersihkan/dipotong sebelum mandi wajib maka akan kembali kepadanya di akhirat dg hadatsnya yg belum diangkat, dan hal itu tidaklah baik.

disebutkan oleh sebagian ulama bahwa setiap helai rambut yg belum di angkat hadatsnya tersebut akan menuntutnya diakhirat untuk dihilangkan.

- disunnahkan untuk wanita yg tidak sedang ihram dan tidak sedang ihdaad dan tidak sedang berpuasa untuk memberikan wangi-wangian di area kemaluannya agar hilang semua bekas-bekas darah terutama bau amis yg masih tersisa setelah mereka selesai mandi hadatsnya, hukum hal ini adalah SUNNAH MUAKKADAH jadi MAKRUH hukumnya jika tidak dikerjakan.

tapi jika mereka hanya membersihkannya dengan air itu sudah cukup untuk menghindarkan makruh tapi tidak cukup untuk mendapatkan kesunnahannya.

adapun wanita yg sedang menjalankan ihram haji atau umrah diharamkan menggunakan wangi-wangian begitu juga wanita yg sedang menjalankan ihdaad walau demikian masih disunnahkan yg sedang menjalankan ihdaad ini menggunakannya sedikit, sedangkan wanita yg sedang berpuasa menurut syekh ramli tidak diperkenankan menggunakan wangi-wangian itu di area kelaminnya.

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog kami, kami sangat senang jika anda meninggalkan komentar.