tipis

Friday, July 12, 2019

HUKUM DAN ADAB MASUK TEMPAT SPA ATAU SAUNA


Mandi uap atau yg lebih dikenal dengan istilah spa atau sauna dizaman ini adalah suatu aktifitas yg sudah lama ada bahkan sejak zaman Nabi Sulaiman alaihissalam tapi dizaman Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam apakah ada tempat-tempat spa ini? terdapat perbedaan pendapat ulama seputar itu sebagian mengatakan ada tapi beliau tidak pernah masuk kedalamnya dan yg lain mengatakan tidak ada dizaman beliau.

hukum masuk ketempat spa atau sauna
untuk laki-laki MUBAH hukumnya masuk kedalam tempat spa ini jika dijaga adab-adabnya, diantara adabnya adalah menjaga pandangan dari pemandangan yg haram dan tidak membuka auratnya dihadapan orang-orang yg tidak boleh melihatnya juga tidak menyentuh aurat orang lain dan adab-adab lainnya yg akan disebutkan kemudian.

jika tidak dijaga adab-adabnya maka HARAM hukumnya masuk kedalam tempat spa ini.

adapun untuk wanita MAKRUH hukumnya masuk kedalam tempat spa ketika ditutup auratnya tapi jika dibiarkan auratnya terbuka maka HARAM hukumnya bagi wanita tersebut masuk ketempat ini.

dan diharamkan bagi suami mengizinkan istrinya untuk pergi ketempat spa ini jika dipastikan hal-hal yg haram terjadi di tempat itu seperti diumbarnya aurat-aurat wanita yg masuk kedalamnya seperti yg terjadi banyak dizaman kita saat ini.

oleh karena itu Al-'allaamah Alhafni mengatakan HARAM hukumnya bagi wanita masuk ketempat spa dizaman beliau karena dipastikan mereka yg masuk kedalamnya mengumbar auratnya bahkan mereka lakukan itu dijalan-jalan umum.

itu yg terjadi dizaman beliau lalu bagaimana dengan zaman kita sekarang..!? tentu lebih parah lagi keadaan wanita dizaman ini. yg mana bahkan sebagiannya tidak lagi peduli dengan kewajiban menutup aurat dihadapan orang yg haram melihat auratnya, jangankan didalam rumah diluarpun demikian. bukan cuma sekedar itu tapi keburukan lebih lagi dahsyat dg ditambahnya mereka berlomba keluar rumah dg wangi-wangian yg mereka gunakan dan bahkan saling berbangga dg merek-merek farfum yg mereka gunakan yg semestinya hanya mereka peruntukkan untuk suami mereka dirumah bagi yg sudah berkeluarga.  innaa lillaahi wainnaa ilaihi roji'uun.

tidak ketinggalan para lelakinya yg masuk kedalam tempat spa ini tanpa peduli dg aurat mereka yg tersingkap atau tidak perduli ketika digosokkan badannya oleh pria lain ketika yg digosok adalah bagian pahanya tanpa penghalang sama sekali dan itu notabene aurat seorang laki-laki.

adab dan etika masuk kedalam tempat spa
  • wajib menggunakan air secukupnya tanpa mubazzir dalam menggunakan air. seperti kita ketahui orang-orang yg mubazzir adalah saudaranya setan.
  • tujuan dan niatnya adalah bersih-bersih diri bukan tujuan untuk sekedar ikutan tren semata atau gaya-gayaan
  • membayar biayanya sebelum menggunakannya
  • membaca doa sebelum masuk keruangan dimana dia melepas bajunya dg doa sebagai berikut:

بسم الله الرحمن الرحيم اعوذ بالله من الرجس النجس الخبيس المخبس الشيطان الرجيم
[ bismillahir rahmaanir rahiim, 'audzu billahi minar rijsin najisil khobiisil mukhbisisy syaithoonir rojiim ]
  • mendahulukan kaki kiri ketika masuk dan mendahulukan kaki kanan ketika keluar sebagaimana adab masuk keluar wc
  • mengingat panasnya neraka jahannam ketika ia rasakan panasnya didalam ruang spa
  • tidak masuk kedalamnya ketika ia pastikan bahwa orang-orang didalam tempat tersebut mengumbar aurat mereka
  • tidak banyak berbicara
  • mandi dengan air sejuk ketika akan keluar dan menyelesaikan mandi uapnya
  • beristighfar kepada Allah
  • melakukan shalat 2 raka'at setelah keluar dg niat shalat sunnah keluar dr tempat mandi uap atau melakukan shalat sunnah mutlak
  • melakukan 2 rakaat sunnah itu dimasjid atau ditempat lain tapi tidak di area tempat spa dikarenakan MAKRUH hukumya shalat ditempat tersebut
  • MAKRUH hukumnya masuk kedalam tempat spa bagi orang yg sedang berpuasa, sebelum waktu maghrib dan diwaktu antara maghrib dan isya karena diwaktu-waktu ini adalah waktu dimana setan-setan bergentayangan
  • diperbolehkan seseorang menggosok badannya selain aurat asalkan tidak disertai adanya sangkaan syahwat
inilah sebagian adab atau etika yg datang dari syariat untuk diperhatikan oleh setiap muslim muslimah yg ingin melakukan kegiatan mandi uap ini...sekian.

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog kami, kami sangat senang jika anda meninggalkan komentar.